TRENGGALEK ITU MANA??


Saya sendiri berasal dari Trenggalek, Kabupaten dimana yang sebagian orang mungkin tidak tau dimana letak kabupaten itu berada. Kabupaten yang terletak hampir di ujung Jawa Timur. Tempat kecil yang  jauh dari suasana kota pada umumnya. Secara geografis, wilayah Trenggalek identik dengan pegunungan dan suasana pedesaan yang disekitari sawah, dengan laut selatan menjadi pelengkap. Kontur tanah Trenggalek memang lebih merepresentasikan daerah desa daripada kota.
Kabupaten yang terdiri dari 14 Kecamatan ini, yang diantaranya Kecamatan Bendungan, Dongko, Durenan, Gandusari, Kampak, Karangan, Munjungan, Panggul, Pogalan, Pule, Suruh, Kecamatan Trenggalek adalah Ibu Kota Kabupaten Trenggalek, Tugu, Watulimo. Jumlah penduduk di Kabupaten Trenggalek 680.000 penduduk dengan memiliki luas 1,261.40 km2 . Yang dipimpin oleh seorang Bupati beserta Wakil Bupati. Dan bagi yang belum tau Bupati Trenggalek saat ini dari golongan artis yaitu Bapak Emil Elistianto Dardak dan istrinya yang merupakan mantan artis terkenal Indonesia yaitu Ibu Arumi Bachsin dan beserta wakilnya Bapak Moch.Ahmad Nur Arifin beserta istrinya yaitu Ibu Novita Mohammad.
Walaupun terkenal dengan desa dan jauh dari kata kota tapi tidak akan kalah dengan kesenian tradisional yang dimiliki Trenggalek, salah satu kesenian khas nya yaitu Turonggo Yakso. Kesenian Tari Turonggo Yakso tidak  seperti  jaranan  yang  banyak terdapat di daerah lain, Turonggo Yakso menggunakan kuda kepang yang terbuat dari kulit sapi/kerbau dan berkepala raksasa berambut tebal. Gerak tari dan gendhing pengiringnya sangat dinamis dan energik. Dari kesenian yang dimiliki Trenggalek ada juga yang khas namun yang satu ini berbau alam, yaitu Trenggalek terkenal dengan Kabupaten wisata alam di Jawa Timur  yang keindahannya tidak  biasa. Seperti Pantai Pelang  yang ada di Kecamatan  Panggul dan masih banyak lagi wisata alam yang dimiliki Trenggalek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

About Me